Refleksi Agama dan Manusia

Published 29 Desember 2015 by endangkurnia

e

Orang-orang yang mengerti agamanya dengan baik, sulit akan meninggikan dirinya di depan manusia lain. Karena ia paham, bahwa manusia lain diciptakan sebagai guru untuk memenuhi akalnya. Dan itulah cara Tuhan berkomunikasi dengannya.

Orang-orang yang mengerti agamanya dengan baik, akan sulit membenci orang lain. Karena ia paham bahwa kebencian itu adalah api dan api itu bisa membakar jiwanya. Jika jiwanya terbakar, bagaimana ia bisa mendekati Tuhannya?

Orang-orang yang mengerti agamanya dengan baik, sulit akan berfikir bahwa orang lain masuk neraka. Karena ia paham, apa untungnya dia jika orang lain masuk
neraka, sedangkan ia sendiri belum dijamin penuh masuk surga? Neraka dan surga adalah punishment dan reward atas semua usaha manusia di dunia. Biarlah Tuhan yang menghitungnya, itu bukan urusan manusia.

Orang-orang yang mengerti agamanya dengan baik, akan selalu menggunakan akalnya dengan baik. Karena ia paham, akal adalah tempat menyimpan semua peristiwa yg tercipta untuk menaikkan nilai hidupnya. Dan nilai hidup, tercermin dari bagaimana ia memperlakukan manusia lainnya.

Orang-orang yang mengerti agamanya dengan baik, paham bahwa beragama itu mudah, jauh lebih sulit menjadi seorang manusia.

“Beruntunglah orang yang menyayangi manusia dan mereka pun menyayanginya karena ketaatannya kepada Allah.” (Imam Ali as).

Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: