Kesombonganku

Published 29 Desember 2015 by endangkurnia

8

Tuhan, izinkan aku meminta maaf kepada-Mu. Sekian lama aku salah memahami maksud-Mu. Sekeras aku mencari petunjuk-Mu, sekeras itu pula aku terrjengkang.

Aku paham sekarang, apa yang salah dalam diriku. Aku terjebak dalam angan-anganku sendiri. Aku hidup berdasarkan pandangan orang lain. Aku menjadikan tolak ukurku adalah materi, yang merupakan tolak ukur manusia lain.

Aku mencari-cari pengakuan dari manusia lain, dimana ketika aku tidak mendapatkannya, aku menjadi marah. Setiap sepertiga malam aku selalu terjebak dalam setiap rencana, apa yang ingin kuperbuat. Aku bahkan tidak pernah sedikitpun berfikir, apa yang telah aku perbuat.

Seakan-akan perbedaan antara apa yang aku lakukan kemarin, sekarang dan nanti, ditentukan oleh pergantian malam. Aku seperti berputar-putar di labirin pikiranku sendiri. Aku sadar bahwa tidak mudah mengikis kesombongan yang sudah menjadi karat dalam tubuhku. Mengikis saja susah, apalagi meruntuhkannya.

Sombongku membuatku menjadi salah dalam memahami petunjuk-Mu. Sombongku menjadikan aku tersesat ditengah samudera hidup. Bahkan, saking sombongnya diriku, aku merasa aku adalah manusia kuat yang mampu untuk menahan semua beban ini. Ketika rasa sombong ini begitu kuat melekat dalam diriku, bagaimana mungkin aku bisa membaca petunjuk-Mu?

Tuhan, hari ini kuruntuhkan semua kepingan-kepingan puzzle yang sudah kususun berdasarkan apa yang kusebut petunjuk-Mu. Kuserakkan semuanya. Jiwaku ingin memulainya dari awal. Saat-saat ketika aku kecil dimana aku menggantungkan hidupku pada orangtuaku, dan kini akan kupasrahkan kepada-Mu. Ternyata memang nyaman ketika tubuhku kuserahkan mengikuti alur-Mu. Aku sudah tidak ingin terjebak dalam angan-angan. Biarlah semua berjalan apa adanya.

Aku hanya berpegang pada tali-talimu. Tali-tali yang kau perkenalkan dalam pencarian jiwaku.

Tuhan, selamatkan aku dari kesombongan.
Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: