Kesuksesan Berpuasa

Published 25 September 2015 by endangkurnia

7

Setelah berpuasa di bulan Ramadhan, maka seyogyanga kita mengejawantahkan hikmah puasa tersebut. Check list hasilnya.

1. Puasa itu latihan disiplin. Orang sahur dan buka pada waktu yang telah tertentu. Sahur telat atau buka lebih cepat, membatalkan puasa. Maka orang yang masih suka terlambat atau bolos setelah berpuasa adalah orang gagal dalam puasa. Orang sukses berpuasa adalah yang disiplin dan tepat waktu.

2. Puasa itu latihan kejujuran dan keikhlasan. Orang puasa bisa saja sembunyi-sembunyi makan. Tapi itu tidak ia lakukan. Maka orang sukses adalah orang yang jujur, tidak menyeleweng.

3. Puasa latihan bersabar. Orang yang sabar dan disiplin tidak akan menyerobot jalan orang saat berkendara. Ia akan bertenggang rasa berbagi jalan. Bila tidak, maka ia orang gagal dalam puasanya.

4. Selama puasa orang berzakat untuk membersihkan harta. Bila harta yang diperoleh setelah berpuasa masih bercampur dengan hasil korupsi, suap, pungli, gratifikasi, komisi, dan sebagainya, maka ia adalah orang yang gagal berpuasa. Orang sukses hartanya bebas dari kekotoran.

5. Puasa adalah latihan menjaga lisan. Orang yang masih suka menebar fitnah, gosip nggak jelas, termasuk membagikan status facebook dengan kategori di atas, gagal berpuasa.

Astagfirullah..
Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: