Berfikir Positif Sebelum Menilai

Published 18 Agustus 2015 by endangkurnia

9

Caci maki ada kalanya membuat seseorang mampu berlari kencang dan pujian seringkali menjadi racun yang membunuh seseorang secara perlahan. Tidak semua sikap tegas adalah keburukan dan tidak semua ungkapan santun adalah kebaikan.

Seseorang bisa tertipu oleh kalimat-kalimat santun yang sebenarnya mengarahkannya ke lembah yang dalam, hitam dan pekat. Dan seseorang bisa menjadi benar ketika sebuah ungkapan tegas, lantang membuatnya berfikir untuk mengubah kesalahannya.

Akan tetapi semua itu tergantung kemampuan berfikir dan intelektualitas seseorang. Adakalanya sikap tegas dan lantang dari seseorang ia anggap sebagai kekurangajaran terhadap dirinya padahal belum tentu maksudnya demikian.

Adakalanya sikap lemah lembut seseorang, ia anggap sebuah pencerahan padahal belum tentu maksudnya demikian.

Antara sikap tegas gamblang dan santun adalah dua hal yang berlawanan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa yang kasar itu baik, yang santun itu buruk.

Orang yang terbiasa cermat dan teliti dengan setiap ungkapan seseorang, maka ia tidak mudah terjebak oleh sebuah permainan kalimat. Karna itu hal yang paling baik adalah berfikir dulu jauh-jauh sebelum menilai.

Orang yang terburu-buru maka pola pikirnya juga singkat. Jika sudah demikian, kita bisa membaca tingkat kecerdasannya seperti apa ketika tercipta sebuah dialog, argumen atau ketika sedang diberi nasehat.

Pendek kata “Jangan ukur sebuah ungkapan dengan enak atau tidaknya dilihat oleh mata dan didengar di telinga”.

Mari berfikir positif sebelum menilai.
Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: