Sebuah Nama

Published 3 Mei 2015 by endangkurnia

6

Syaikh Abdurrahman As-Shaqalli berkata, “Setiap manusia mendapatkan jatah kebaikan dari namanya, hal ini berlaku dalam alam manusia, dan begitu juga alam
lainnya.”

Nama Rasulullah adalah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, beliau terpuji di sisi Allah, terpuji di sisi malaikat, terpuji di sisi saudara-saudaranya para nabi, dan terpuji di sisi penghuni alam semesta.

Ibunya bernama Aminah (yang aman), bidannya bernama Syifa (kesembuhan) ummu Abdurrahman bin auf, diasuh oleh Barakah (keberkahan) ummu aiman, disusui oleh Tsuwaibah (pahala) dan Halimah (santun) As-Sa’diyah. As-syami berkata, “Pada tatanan itu terdapat keteraturan yang telah disiapkan oleh Allah untuk Nabi-Nya melalui nama-nama para pengasuh dan perawatnya. Pada nama ibu dan bidan terdapat keamanan dan pelipur lara, pada nama yang mengasuh terdapat keberkahan dan pertumbuhan, dan pada kedua ibu penyusunya terdapat ganjaran pahala, santun, dan kegembiraan.”

-disadur dari buku Fiqih Shiroh Dr. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid hal. 67
—————————-

Qultu: nama memang mempunyai efek bagi “si-empunya”. Bersyukur jika orang tua kita telah “menamakan” kita dengan sebaik-baik nama. Bahasa apapun nama itu, pasti punya makna yang baik. Sering denger pernyataan orang bahwasanya “nama itu doa”.

Menjadi persiapan juga bagiku (calon orang tua) untuk menamai anak dengan nama yang terbaik. Atau mencari pasangan hidup yang memiliki nama bagus. Bisa jadi.

Nama asli: Endang Kurnia
Nama pena: Endless Kurnia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: