Islam, Teorisme, dan Media

Published 3 Mei 2015 by endangkurnia

niat

Banyak yang mengeluh bahwa media Barat memakai standar ganda. Pembunuh 3 muslim di Chapel Hill itu tidak disebut teroris, sedangkan para penyerbu Charlie Hebdo disebut teroris. Ada pula yang menuduh bahwa kekerasan terhadap muslim ini akibat propaganda media yang terus menerus memojokkan, menuduh muslim sebagai teroris.

Apakah karena kasus ini tidak disebut terorisme lantas kita berharap bahwa kasus pembunuhan Charlie Hebdo itu tidak usah disebut terorisme? Lantas, kalau kasus Charlie Hebdo tidak disebut terorisme, kita akan bahagia? Lalu bagaimana kita memaknai “kegembiraan” sejumlah media, juga (mungkin) ribuan orang yang menganggap dendamnya terbalaskan oleh serangan terhadap CH?

Apa masalah kita dengan standar ganda media? Mereka mungkin tidak sekedar berstandar ganda, tapi punya puluhan standar. Mereka menilai sesuatu atas selera dan kepentingan mereka. Tapi ingat, tidak hanya mereka. Kita juga. Kita juga punya belasan standar dalam menilai. Tiap orang, tiap kelompok punya standar yang bermacam rupa. Tidak ada manusia yang 100% konsisten.

Jadi, apa yang mau dikeluhkan? Kalau mau menyebut penembak di Chapel Hill itu teroris, sebut saja. Selesai. Tidak usah menangisi media mainstream yang tidak kunjung menyebut mereka teroris. Mereka juga tidak ribut mengeluh pada kenyataan bahwa banyak yang menyebut ISIS, Taliban, dan Al-Qaeda itu mujahidin.

Lalu apakah orang-orang itu dibunuh karena kebencian yang dipropagandakan media? Eh, kebencian seperti apa yang dipropagandakan media? Bahwa Islam identik dengan teroris? Entah bagaimana wujud propaganda media itu. Yang jelas aku sungguh shock melihat bagaimana ISIS membunuh orang, memenggal kepalanya, kemudian memamerkannya kepada dunia. Tidak cukup dengan itu, mereka juga membakar orang hidup-hidup.

Jadi, siapa yang mempropagandakan teror itu? Media, atau ISIS, Taliban, Al-Qaeda? Media, atau kalangan Islam sendiri?

Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: