April Mop

Published 3 Mei 2015 by endangkurnia

Sebagaimana hari Valentine, ada perlawanan terhadap April Mop. Mulai dari yang mengatakan bahwa ini bukan budaya kita, sampai yang bilang bahwa ini tidak islami, bertentangan dengan ajaran nabi. Ya, April Mop memang berasal dari dunia lain, bukan dari dunia Arab abad ke 7. Jadi wajar saja kalau ada orang yang merasa ia tidak boleh terlibat April Mop. So be it!

Tapi bagiku April Mop ini menarik. Ini sebuah satire. Pada hari ini berbohong itu sah. Maka kita berterus terang bahwa kita sedang atau sudah berbohong. Tidakkah ini justru bermakna sebaliknya? Bahwa hari ini adalah hari di mana kita sangat jujur sehingga kita pun berterus terang bahwa kita berbohong.

Bohong adalah sebuah keburukan, begitulah kita diajarkan, secara verbal. Tapi dalam praktek kita sebenarnya diajari bahwa berbohong itu perlu. Tidak ada manusia yang tidak pernah berbohong. Tidak mungkin ada manusia yang bisa hidup tanpa berbohong. Ya, karena tidak mungkin orang hidup tanpa berbohong.

Dalam konteks ini April Mop bagiku adalah hari untuk mengingat bahwa kita ini semua para pembohong, namun kita sungguh membenci dan mencela para pembohong. Ini adalah hari di mana kita bisa menertawakan paradoks yang ada dalam diri kita.

Itu kalau kita mau berpikir secara sedikit jenaka. Lain hal kalau kita terbiasa membuat semua urusan jadi serius dan tegang.

Ayo pikir, ini tulisan satire atau April mop?🙂
Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: