Antara Tajam & Kasar

Published 3 Mei 2015 by endangkurnia

images2

Tajam itu beda dengan kasar. Kadang memang sama menyebalkan bagi yang tertusuk atau tergesek dengannya. Tapi kembali, tajam itu beda dengan kasar. Dan korban yang tertusuk atau minimal merasa, biasanya menyebut tajam itu adalah kasar; agar ketajaman tersebut diposisikan sebagai hal yang negatif.

Kenapa?

Karena tajam itu lawannya tumpul. Tumpul itu negatif. Tajam lebih ke positif. Adapun kasar, lawannya adalah lembut. Lembut itu positif. Kasar itu negatif.

Dan ketajaman yang positif, seringkali ditafsirkan sebagai kekasaran yang adalah negatif. Ini pembelokan namanya. Terlebih jika ketajaman itu adalah sesuatu yang bersifat faktual, aktual dan tidak bisa disangkal. Biasanya korban kalau sudah tidak punya celah untuk kabur, senjata terakhirnya adalah mencap buruk pemilik senjata tajam.

Pernah kita coba mengingatkan secara lembut, ternyata tidak mempan untuk manusia modern.
Akhirnya kita tajamkan benar-benar dengan bubuhan realitas, ternyata ampuh untuk beberapa dan tidak mempan untuk beberapa.

Di situ…mental lah yang berbicara.

Mungkin kita perlu beberapa nafas dan waktu untuk diluangkan demi berfikir dan merenungi mungkin di balik ketajaman itu ada keinginan kebaikan yang belum kita cerna.

Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: