Niat Baik Gak Ada Ruginya!

Published 10 Januari 2015 by endangkurnia

niat

Dapat nasehat dari seorang pelajar MA kelas satu, “Sekalipun kita sudah berbuat baik dan direspon kurang baik ya biasa ajalah, kan yang ngasih pahala bukan dia tapi Allah”. Sebenarnya redaksi tulisannya bukan begitu, tulisan anak muda gitu deh.

Aku menerima masukan dan nasehat dari siapa saja sekalipun yang lebih muda bahkan anak kecil pun bisa memberikan pembelajaran, bagiku dimanapun dan dengan siapapun belajar. Setahuku, Rasul suka menerima kritik tapi tidak suka mengkritik. Rasul senantiasa menyampaikannya dengan bil hikmah. Saat aku berikan contoh Rasul berkali-kali dijawab ya jelas wong beliau Rasul. Iman kita tidak bisa setingkat seperti Nabi atau Rasul, jawabnya. Kebaikan itu bukan dari siapa, dari kita apakah keluar kebaikan? Nabi dan Rasul itu manusia juga. Tidak harus berbuat baik menunggu menjadi Nabi & Rasul bukan?

The point is, niatkan baik saja dulu kalau berbuat baik belum bisa. Sangat bersyukur niat dan lakukan yang terbaik pada siapa saja sekalipun pada orang yang tidak menyukai kita. Yup, niat baik.

Gak akan pernah rugi orang-orang yang selalu menegakkan niat baik dalam segenap aktifitasnya. Karena niat seorang muslim bisa mendahului dan lebih baik dari amal-amalnya. Rasulullah Saw bersabda sebagaimana yang beliau riwayatkan dari Rabbnya:

Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan dan keburukan dan telah menjelaskan dalam kitab-Nya. Barangsiapa yang sudah berniat untuk berbuat kebaikan namun tidak jadi mengerjakannya, maka akan dituliskan untuknya 1 kebaikan yang sempurna; jika dia lalu benar-benar mengerjakannya, maka Allah akan menulis untuknya 10 hingga 700 kebaikan, bahkan bisa lebih banyak lagi. Barangsiapa yang sudah berniat untuk berbuat keburukan namun tidak jadi mengerjakannya, maka akan dituliskan untuknya 1 kebaikan yang sempurna; jika dia benar-benar mengerjakannya, maka Allah akan menuliskan 1 keburukan untuknya. (HR. Bukhari-Muslim)

Ayolah kita munculkan dulu niat baik dalam segala amal perbuatan yang dilakukan, segenap aktifitas, diam dan bicaranya kita, tidur dan bangunnya kita, segala amal-amal mubah yang kita lakukan bahkan setiap hembusan nafas kita niatkan ibadah kepada-Nya, seluruh waktu kita menjadi berkah karena Allah. InsyaAllah…

Niat baik dulu yuk..
Endless Kurnia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: